ULASAN2

ULASAN2 - Kubernetes over Coffee with Kelsey Hightower - Google Developers

Dalam postingan kali ini, saya ingin mengulas kembali sebuah video yang diambil dari situs YouTube https://youtu.be/5me5qpq7MPc. Video ini berjudul Kubernetes over Coffee with Kelsey Hightower dan dipublish oleh Google Developers. Video yang berdurasi 5 menit 46 detik ini diunggah pada tanggal 15 Desember 2016 dan sudah dilihat sebanyak 9 ribu kali saat ulasan ini dibuat.

Ringkasan

Video ini berupa sebuah interview singkat antar dua pekerja Google bernama Laurence Moroney (yang berperan sebagai interviewer) dan Kelsey Hightower (narasumber yang menjabat sebagai Staff Developer Advocate, Google Cloud Platform). Dalam video ini, Laurence Moroney memberikan berbagai pertanyaan terkait apa itu Kubernetes, bagaimana hubungannya dengan containerized applications, apa saja keuntungan penggunaannya, hingga pandangan bagaimana penggunaan Kubernetes dan container diperkirakan 1 - 2 tahun kedepan.

Singkatnya, dijelaskan terlebih dahulu bahwa container merupakan sebuah cara yang memungkinkan developer untuk membuat aplikasi sekaligus membungkusnya dengan dependensi-dependensi yang diperlukan dalam sebuah container sehingga dapat dijalankan di berbagai platform (baik itu pada cloud maupun local di laptop) dengan cara yang sama (platform independent).

Kubernetes sendiri merupakan open source software yang mengendalikan / memanage jalannya container-container di berbagai platform (cloud dan local cluster). Dengan adanya Kubernetes tersebut, developer dimungkinkan untuk melakukan scaling aplikasi secara mudah dan aplikasi yang dibuat tidak terikat pada suatu infrastruktur sehingga meningkatkan app portability. Dengan itu juga, Kelsey Hightower memandang bahwa dalam 1 - 2 tahun kedepan, developer mendapatkan kebebasan untuk mendevelop aplikasinya dimana saja dan dapat menentukan untuk mendeploynya di manapun juga.

Pendapat Penulis

Menurut pengalaman pribadi saya sendiri, kelebihan dalam membungkus aplikasi beserta dependensinya memang merupakan salah satu hal yang sangat memudahkan saya dalam melakukan development dari berbagai komputer (terutama OS yang berbeda). Sejauh ini saya belum mencoba penggunaan Kubernetes sebagai container management software/container orchestration tool. Menurut saya, di Indonesia sendiri sedang trending dalam penggunaan software-software tersebut (dilihat dari beberapa startup yang saya ketahui) dan seharusnya dalam 1 - 2 tahun kedepan kita dapat melihat semakin banyak startup yang memanfaatkan cloud dengan tools seperti Kubernetes dan ekosistem penyedia cloud di Indonesia sendiri akan bertambah maju.

Github Account : aldifahrezi
URL Video : https://youtu.be/5me5qpq7MPc (05:45)
Video Author : Google Developers
Pemetaan : week10
Revisi pertama : 18 Mei 2017
Revisi terakhir : 18 Mei 2017

Comments